Senin, 01 November 2010

Es Krim bikin sakit kepala?

Nyuutt nyuutt nyuutt... Setelah memakan Ice cream, mendadak kamu merasakan sakit kepala. Tapi jangan salahkan Ice cream. Ice cream itu bukan satu-satunya faktor yang membuat sakit kepala. Atap mulut, sarafmu, dan pembuluh darah (pembuluh darah yang tabung kecil yang membawa darah melalui tubuhmu) yang harus disalahkan, juga!

Berikut sendok pada apa yang terjadi. Bila kamu makan atau minum, makanan atau cairan menyentuh langit-langit mulutmu sebelum ditelan, langit-langit mulutmu juga dikenal sebagai atap mulutmu. Kamu bisa merasakan langit-langit mulut dengan lidahmu.
Ketika sesuatu yang sangat dingin menyentuh pusat langit-langit mulut, suhu dingin dapat mengatur "off" saraf tertentu yang mengontrol berapa banyak darah mengalir ke kepalamu. Saraf merespon dengan menyebabkan pembuluh darah di kepala membengkak. Ini pembengkakan pembuluh darah cepat yang menyebabkan kepala anda terasa sakit. Beberapa orang menyebutnya "otak beku", meskipun tidak ada yang benar-benar terjadi di otak - itu semua di pembuluh darah kepala.

Dan Ice cream bukanlah satu-satunya makanan yang dapat membuat kepalamu sakit. Apa pun yang sangat dingin - es seperti muncul, minuman beku cair, dan bahkan soda dingin, air, susu, atau jus - dapat membuat pembuluh darah membengkak.
Sakit kepala dari Ice cream atau lain makanan dingin biasanya berlangsung sekitar satu menit atau lebih, meskipun dapat merasa seperti lebih lama lagi. Jenis sakit kepala hampir tidak pernah berlangsung lebih dari 5 menit, dan pergi sendiri. Dan meskipun kamu mungkin merasa sakit, itu tidak berbahaya dan tidak berarti apa-apa yang salah dalam tubuhmu.

Ingin makan Ice cream tapi kamu tidak ingin sakit kepala? Beberapa dokter mengatakan bahwa untuk mengkonsumsi makanan dingin dan tidak sampai mengalami "otak beku" kamu hanya harus makan lebih lambat karena itu dapat membantu mencegah membekukan otak. Kamu juga dapat mencoba makanan pemanasan sedikit kecil di depan mulut kamu sebelum menelannya. Dan jika kamu mulai merasakan sakit kepala karena Ice cream datang, ambil istirahat dari makanan yang dingin untuk satu atau dua menit. Dengan begitu, langit-langut mulutmu akan hangat sedikit sehingga kamu dapat menikmati sisa makanan dessert dinginmu.


Lihat juga :
Dim Sum
Wine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar