Selasa, 23 November 2010

Macam Jenis Sushi untuk Pemula

Masakan Jepang kian menjadi trend, yang dengan mudah bisa kita temui dari warung tenda kakilima sampai restoran hotel berbintang. Menyaingi hotdog atau hamburger yang telah lama populer. Padahal bagi orang Indonesia yang terbiasa dengan masakan yang serba dikukus dan digodog, Sushi sangat berlainan. Menu sushi biasanya disajikan serba mentah. Makanan ikan, udang atau sayur kerap disajikan mentah, sehingga kadang terasa amis dan dingin. Bagi penikmat pemula, ini sering menjadi penghalang untuk mencobanya pertama kali.

Sesungguhnya tak semua menu sushi disajikan mentah. Menu-menu serba mentah biasanya disajikan untuk menu vegetarian sushi, misalnya yang berisi mentimun (bahasa Jepang, kappa maki) atau alpokat. Ada dua jenis sushi, yaitu Nigiri dan Maki. Nigiri biasanya disajikan semua serba mentah.

Untuk menghindari bau amis ikan atau udang, bagi pemula sebaiknya menyantap sushi jenis Maki. Pada sushi menu Maki, biasanya 'menyembunyikan' ikan atau udang didalam gulungan nasi dan nori, serta seringkai diberi saus seperti mayones yang menghilangkan bau amis. Dan pilihan gulungan sushi yang berisi ikan jenis tuna atau salmon. Udang biasanya agak susah dihilangkan bau amisnya, tetapi dengan saus mayones, baunya akan sedikit ternetralkan.

Pelengkap saat menyantap sushi biasanya juga disediakan Shoyu atau kecap Jepang, selain itu biasanya juga ada gari, alias manisan jahe berwarna merah muda, yang dapat mengurangi rasa amis ikan dan menetralkan indera perasa kita di antara berbagai rasa ikan mentah, yang bagi pemula, kadang terasa janggal dan bisa bikin muntah.

Saat ini sushi juga tak sepenuhnya menjadi monopoli makanan Jepang. Sudah banyak sushi fast food yang bergaya Amerika Serikat. Ini karena di Amerika Serikat, sushi sudah berkembang pesat sebagai masakan populer. Para pemula bisa memulai mencoba sushi, dengan menyantap sushi gaya Amerika ini.

Variasi-variasi sushi baru ala Amerika yang dijuluki fusion sushi, malah seringkali lebih populer dibandingkan sushi tradisional. Diantara fushion sushi yang populer dan familiar di lidah kita, diantaranya, Philly Roll, yaitu sushi yang berisi salmon asap, cream cheese, alpokat, dan daun bawang. Kemudian California Roll, sushi yang berisi surimi (daging kepiting tiruan), alpokat, ketimun dan bagian luarnya kadang ditaburi tobiko (telur ikan). Ada lagi Hawaian Roll, sushi yang berisi unagi, alpokat, dan kacang. Sedangkan Boston Roll, yang berisi udang, alpokat, ketimun, dan ditaburi Tobiko.

Sushi jenis ini, bisa dicoba bagi kalangan pemula, atau bahkan ibu-ibu yang sedang hamil muda, yang biasanya akan muntah kalau membaui bau amis.

Sumber : Wahyu - tempointeraktif.com

Lihat juga:
Hanamasa
Dim Sum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar